Deskripsi IDEA 2012

Berbagi Untuk Pendidikan Negeri

PENDAHULUAN
     Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan karakter peserta didik yang selaras dengan alam dan masyarakatnya. Jadi, dalam proses pendidikan itu tidak hanya ilmu saja yang didapat tetapi juga membentuk karakter pribadi yang berkualitas untuk membangun martabat bangsa.
     Dewasa ini, Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa belum mampu diwujudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini. Seperti masalah pendidikan yang masih mahal tidak dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat,, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang kegiataan pendidikan, dan jumlah guru yang kurang memadai.
     Sebagai salah satu isi dari Tri Darma Pendidikan, yaitu pengabdian masyarakat perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan harus memiliki sikap peduli terhadap kondisi dan realitas pendidikan saat ini. Pemuda sebagai penggerak perubahan seperti mahasiswa, harus melakukan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan membangun pendidikan di masyarakat.
     Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB bergerak maju untuk merintis kembali kepedulian terhadap pendidikan Indonesia, melalui program IDEA (IPB’s Dedication for Education). Program IDEA terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda, khusunya mahasiswa, untuk berkarya dan berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa dapat termotivasi memberikan pengabdian terbaik di bidang pendidikan melalui Seminar IPB Berkarya Untuk Pendidikan dan mengembangkan softskill, memberikan pemikiran solutif dan berkontribusi nyata dalam bidang pendidikan melalui kegiatan IPB Mengajar.

TUJUAN
     Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Meningkatkan kepedulian dan kecintaan mahasiswa terhadap dunia pendidikan Indonesia.
2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir  kritis dan solutif terhadap  masalahan pendidikan bangsa.
3. Memberikan kontribusi nyata sebagai wujud pengabdian di bidang pendidikan kepada masyarakat.
4. Memotivasi maasiswa untuk terus berkarya dalam bidang pendidikan.

MANFAAT
Bagi Mahasiswa :
     Meningkatkan inovasi, kepedulian dan kontribusi mahasiswa untuk pendidikan Indonesia.

Bagi IPB :
     Berperan aktif dalam mencetak mahasiswa yang peduli dengan pendidikan serta memberi solusi konkret untuk pendidikan.

Bagi Masyarakat :
       Dapat membantu menyediakan tenaga pengajar sebagai asisten guru pada sekolah dasar yang cukup tertinggal.

Bagi Pemerintah :
       Memberikan informasi nyata untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia.

DESKRIPSI ACARA
     IDEA merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai pada bulan Mei 2012 dan berakhir pada bulan Juli 2012. Kegiatan ini terdiri dari dua acara besar yang deskripsi lengkapnya adalah sebagai berikut:
1. SEMINAR DAN MOTIVASI
     Seminar IPB Berkarya Untuk Pendidikan merupakan seminar untuk memotivasi generasi muda terutama mahasiswa untuk berkarya dan berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada 6 Mei 2012 di Gedung Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga Bogor. Tema acara ini adalah “Membangun Kontribusi Mahasiswa untuk Mencerdaskan Anak Bangsa” yang akan mengundang tokoh–tokoh yang menginspirasi dan berdedikasi dalam bidang pendidikan. Pembicara dalam seminar ini adalah bapak Anes Baswedan selaku founder dari Indonesia Mengajar, para alumni IPB di Indonesia Mengajar, serta Just Alvin sebagai moderator. Pada akhir acara akan dibuka penerimaan (Open Recruitment) tenaga pengajar IPB Mengajar untuk mahasiswa IPB.
    
2. IPB MENGAJAR
   Program IPB mengajar berusaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran di daerah tertinggal melalui pengadaan kurikulum pendidikan yang tepat guna dan tepat sasaran. Melalui kompetensi utama di bidang pertanian dan dengan semangat salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat, program IPB mengajar memiliki sikap peduli terhadap kondisi dan realitas pendidikan saat ini. Pemuda sebagai penggerak perubahan seperti mahasiswa juga harus melakukan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan membangun pendidikan di masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB bergerak maju untuk merintis kembali kepedulian terhadap pendidikan nasional di daerah tertinggal, melalui program IPB Mengajar yang bertujuan untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan maupun peserta didik di Indonesia. Program IPB Mengajar akan dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2012 di Desa Leuwingkolot Kabupaten Bogor.
Program IPB Mengajar akan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB yang telah melaksanakan program “Go Field” sejak 7 tahun yang lalu. Program Go Field yang diusung oleh LPPM IPB memiliki tujuan yang sama yaitu pengabdian kepada masyarakat sementara IPB Mengajar lebih berkonsentrasi pada pengabdian masyarakat dari segi pendidikan. Program IPB Mengajar akan dilaksanakan pada lokasi yang telah dijadikan daerah ramutan program Go Field. Lokasi ini adalah daerah terpencil yang telah dijadikan tempat keberlangsungan program Go Field sejak tahun-tahun sebelumnya.
    IPB Mengajar adalah program berkelanjutan yang nantinya akan diikutsertakan pada program kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti. Program ini akan diikutsertakan dalam program kreativitas mahasiswa jenis pengabdian kepada masyarakat (PKM-M). PKM-M merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif. Hal ini tentu akan meningkatkan prestasi progam IPB Mengajar di tingkat nasional melalui Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Visi IPB Mengajar :
    Menjadi program unggul berbasis pengabdian masyarakat dan pertanian yang dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Misi IPB Mengajar :
1. Menyediakan tenaga pengajar terbaik dengan kualitas unggul bagi siswa.
2. Menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik dari segi pendidikan.
3. Meningkatkan kesadaran siswa dan masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan bagi masa depan.
4. Meningkatkan minat siswa terhadap dunia pertanian Indonesia.

SASARAN KEGIATAN
     Kegiatan IDEA dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Badan Eksekutif  Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Sasaran dari setiap rangkaian IDEA ini adalah sebagai berikut :
SEMINAR IPB BERKARYA UNTUK PENDIDIKAN
     Seminar pendidikan mengundang 2000 peserta.

IPB MENGAJAR
     IPB Mengajar akan melibatkan 20 mahasiswa IPB untuk menjadi asisten guru di sekolah dasar di daerah terpencil bersama-sama program Go Field yang diusung oleh LPPM IPB.

LUARAN YANG DIHARAPKAN
     Luaran yang diharapkan dari acara ini adalah :
1. Meningkatnya kepedulian dan kecintaan mahasiswa IPB pada khususnya terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.
2. Meningkatnya daya berpikir kritis dan solutif mahasiswa Indonesia terhadap permasalahan pendidikan bangsa.
3. Meningkatkan motivasi kepada mahasiswa untuk terus berkarya untuk pendidikan di Indonesia.
4. Meningkatnya kualitas pendidikan siswa di daerah tertinggal untuk kemajuan Pendidikan Indonesia.
5. Meningkatnya kesadaran siswa dan masyarakat akan pentingnya pendidikan di masa depan.
6. Meningkatnya minat dan kecintaan siswa terhadap ilmu pengetahuan.
7. Meningkatnya daya berpikir kritis dan solutif siswa dalam proses pembelajaran
8. Menambah pengalaman, jiwa sosial, dan soft skill bagi mahasiswa IPB yang menjadi tenaga pengajar
9. Meningkatkan minat dan kecintaan siswa terhadap pertanian.

IDEA MOVE FASTER ...

1 komentar:

  1. syarat-syaratnya apa saja ya? poster yg d unggah terlalu kecil, sewaktu dzoom pecah

    BalasHapus